Jumat, 18 November 2016

Cara Cepat Menghafal

  
  Hallo sahabat setia blogku, kali ini saya akan membahas tentang Cara Cepat Menghafal, setelah membaca artikel Cara Cepat Menghafal ini semoga Anda menemukan jawaban dari pertanyaan Anda tentang Cara Cepat Menghafal. Cara Cepat Menghafal merupakan strategi yang sangat diharapkan bagi para pelajar untuk cepat menghafal pelajaran sekolah, kebanyakan mereka bertanya bagaimana sih Cara Cepat Menghafal dalam hitungan detik? Tenang sahabat langsung saja nih baca artikel Cara Cepat Menghafal.


Cara Cepat Menghafal dari segi teori memang kedengarannya gampang banget, tapi belum tentu bisa juga loh ketika sudah dipraktekkan. Di dunia ini hampir tidak ada yang mustahil. Bagi para pengunjung Cara Terindah yang merasa dirinya kurang bisa untuk menghafal dengan baik dan cepat. saya mempunyai tips yang bermanfaat yang bisa kalian terapkan ketikan ingin menghafalkan sesuatu.Berikut ulasan Cara Cepat Menghafal.

TEKNIK RAHASIA CARA CEPAT MENGHAFAL


1. MNEMONIC
Apa itu mnemonic? pengertian mnemonic adalah Cara Cepat Menghafal yang bersifat abstrak. Jadi Cara Cepat Menghafal yang satu ini dengan mengubah sebuah kata yang abstrak menjadi benda nyata yang dapat kita bayangkan.

Teknik sistem Mnemonic dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu :

A. SISTEM GAMBARAN
Sistem gambaran itu adalah Cara Cepat Menghafal informasi yang abstrak dengan cara menggambarkan kata abstrak tersebut kedalam sesuatu yang bersifat nyata.
Contoh sistem gambaran :
  • Yogyakarta - dapat digambarkan dengan Borobudur.
  • Gembira - dapat digantikan dengan menggambarkan orang yang sedang bergembira.
  • Jakarta - akan lebih mudah kita ingat dengan menggambarkan Jakarta menjadi monas.
Dengan sistem gambaran diharapkan Cara Cepat Menghafal akan tercapai.

B.SISTEM PERSAMAAN BUNYI
Sistem persamaan bunyi adalah suatu Cara Cepat Menghafal informasi berdasarkan pada bentuk persamaan bunyinya.
Contoh sistem persamaan bunyi :
  • Irak - akan dapat lebih mudah di ingat jika kita mengingatnya dengan kata rak
  • Singapura - akan dapat lebih mudah di ingat dengan cara mengingat kata singa
Dengan sistem persamaan bunyi diatas diharapkan Cara Cepat Menghafal akan tercapai.

2. MEMORY SPORT
Cara Cepat Menghafal yang lain adalah memory sport.Sebenarnya otak manusia itu seperti halnya otot. Jadi, apabila kita rajin berolahraga atau rajin mengolahragakan otot kita, tentu saja otot itu tersebut akan bertambah kuat. Begitupun dengan otak yang kita asah,  apabila kita rajin mengolah dan mengasah informasi pada otak kita, maka sudah pasti otak kita pun akan terbiasa. ingatlah prinsip berikut "Bisa Karena Biasa" Jika kita malas dan tidak pernah mau mengolahragakan otot / otak kita, sudah tentu otot / otak kita pun akan menjadi lemah. Jadi, sangat disarankan agar kita senantiasa mengolahragakan otak kita, sehingga Cara Cepat Menghafal akan tercapai.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengolahragakan otak kita adalah dengan cara memory sport itu sendiri. Kalian pasti tahu kan TTS (teka teki silang). Usahakan sesering mungkin untuk mengisi TTS, semakin rajin semakin terlihat hasilnya. Inilah cara yang paling gampang dan murah untuk mengolahragakan otak kita. Dengan anda mengisi TTS tersebut, maka secara tidak langsung otak kita akan menjadi terlatih untuk dapat mengolah kata-kata sambil memperkuat daya ingat, dan Cara Cepat Menghafal akan tercapai.


3. STORY SISTEM
Story system adalah Cara Cepat Menghafal informasi menggunakan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya untuk dijadikan sebuah cerita.

Contoh Story system :
Misalnya saja, ada beberapa kata yaitu  awan - burung - baju - coca cola - gunung - pistol - buaya - pohon - kawah - kelinci

Pasti anda kesulitan untuk menghafalkan kata-kata tersebut. Cara Cepat Menghafal kali ini lah yang dapat memudahkan anda dalam menghafalkan semuanya, anda bisa menggunakan cara menghafal story sistem ini, caranya adalah dengan menggabungkan kalimat tersebut menjadi sebuah cerita.

Lihat ini :
Burung memakai baju terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.

Dengan cara membayangkan seperti itu, anda akan menjadi lebih mudah untuk menghafalkannya, dan Cara Cepat Menghafal akan tercapai.

4. RELATION SISTEM
Relation sistem adalah Cara Cepat Menghafal informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara terikat. Relation sistem ini sering digunakan untuk menghafal sebuah kalimat yang berpasangan seperti nama (sungai dan provinsinya), (nama negara dan ibu kotanya), dan berbagai jenis kalimat berpasangan lainnya. Dengan Cara Cepat Menghafal relation sistem ini diharapkan Anda akan cepat hafal setelah menerapkannya.

Demikian lah Cara Cepat Menghafal semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang kesulitan untuk mengafalkan sesuatu. sesuatu yang mungkin saja kalian anggap penting untuk diingat serta dihafal, sekian.

5 komentar:

  1. Thanks buat infonya nunk...
    pengen jadi cerdas? buka di http://bananasbob.blogspot.co.id/2016/11/cara-menjadi-cerdas.html
    atau pengen liat info seputar dunia bunga dan bisnis ? buka aja di http://bananasbob.blogspot.co.id/
    pasti menarik, Sob!

    BalasHapus
  2. Wahh infonya bermanfaat bgt lho..

    Novipangpang.blogspot.co.id

    BalasHapus
  3. kalau aku pakenya yg mnemonic,
    itu lebih cepet mnurutku, sulit koh menghafal,
    udah belajar tapi kok tetep remidi sih? pasti ada kesalahan daat belajar, lalu kesalahan apa aja itu kunjungi maelanisaf.blogspot.com

    BalasHapus